UPTD TERMINAL PURABAYA KEMBALI GELAR OPERASI PENERTIBAN BUS AKAP /AKDP

Meskipun hari raya Idul Fitri diperkirakan masih 19 hari lagi namun UPTD Terminal Purabaya bersama Bidang Pengendalian dan Operasional Dinas Perhubungan Kota Surabaya kembali gelar operasi uji emisi gas buang di area kedatangan bus antar kota dan opersi kelengkapan surat – surat bus di area jalur pemberangkatan bus AKAP/AKDP Terminal Purabaya, Senin 30 Juli 2012.

Target operasi kali ini adalah seluruh bus AKDP maupun AKAP yang masuk ke area Terminal Purabaya. Operasi kali ini  meliputi uji emisi gas buang, pemeriksaan kelengkapan surat – surat kendaraan dan pengecekan kelaikan armada seperti pengecekan apakah bus sudah dilengkapi perlengkapan penyelamatan darurat seperti alat pemecah kaca atau martil, alat pemadam kebakaran, persiapan pintu darurat dan ban cadangan.

Dari operasi yang digelar mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB ini terjaring 6 bus yang melanggar diantaranya 3 bus yang gas buangnya melebihi ambang batas diantaranya bus dari PO Rukun Jaya tujuan Tulung Agung dengan Nomor Polisi AG 7701 UR, PO Akas tujuan Probolinggo dengan Nomor Polisi N 7090 US, dan PO Ladju nomor polisi N 7320 UW. Kemudian 1 bus dikeluarkan kosong oleh jajaran UPTD Terminal Purabaya karena diketahui tidak ada kelengkapan surat – surat atau tidak ada ijin trayek yaitu bus yang mempunyai plat nomor A 7886 WP dari PO Karina dan 2 bus yang diketahui kaca bus tersebut pecah.

Kepala UPTD Terminal Purabaya May Ronald SE,MM menerangkan bahwa untuk bus yang terjaring karena diketahui melanggar tidak sebanyak operasi yang digelar pada tanggal 16 Juli 2012 waktu lalu, hal tersebut menunjukkan bahwa ketertiban para crew bus terus meninggat. Oleh karenanya operasi serupa akan terus digelar, apalagi menjelang hari raya Idul Fitri untuk mengurangi angka kecelakaan dan memberikan rasa aman kepada para pengguna jasa transportasi bus.(dwi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s