Dishub Kota Surabaya Gelar Operasi Uji Emisi di Terminal Purabaya

23 Juni 2010, Terminal Purabaya, menginggat semakin padatnya kendaraan bermotor seperti sepeda motor, mobil, dan angkutan umum yang mengeluarkan asap atau gas buang yang membahayakan kesehatan, maka Dinas Perhubungan Kota Surabaya mengadakan uji emisi pada bus kota yang masuk di area terminal purabaya. Uji emisi tersebut bertujuan untuk mengetahui kadar gas buang bus kota apakah melebihi ambang batas yang telah ditetapkan Kepmen LH No. 05 Tahun 2006, yaitu untuk kendaraan dengan bahan bakar bensin parameter ambang batas yang diperbolehkan adalah untuk zat CO (Karbon Monoksida) tidak melebihi 4,5%, sedangkan untuk kendaraan dengan bahan bakar solar parameter ambang batas emisinya tidak boleh melebihi 70%.

Dalam uji emisi kali ini petugas sekaligus membagikan brosur yang berisikan tentang bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan gas buang yang mengandung zat-zat pencemar yang berdampak pada kesehatan, selain itu juga ada tips-tips dan himbauan agar kendaraan bermotor lulus uji emisi. Hal ini bertujuan untuk memberikan wawasan pada pengemudi dan masyarakat luas yang memang belum banyak yang menyadari dengan betul  tentang bahaya-bahaya zat pencemar yang terkandung dalam gas buang tersebut pada kesehatan seperti halnya  Karbon monoksida (CO) yang dapat menyebabkan mengurangi jumlah oksigen dalam darah dan apabila terhirup dalam jumlah kecil dapat menyebabkan gangguan berfikir, penurunan refleks, dan gangguan jantung. Timbal (Pb) dapat meracuni sisitem pembentukan darah merah sehingga mengakibatkan anemia, tekanan darah tinggi, mengurangi fungsi reproduksi dan ginjal pada orang dewasa, dan pada anak-anak dapat berakibat adanya penurunan kemampuan otak dan mengurangi kecerdasan. Hidrokarbon (HC) dapat menyebabkan iritasi mata, batuk, rasa mengantuk, dan bercak pada kulit. Oksida Belerang (SOx) dapat menimbulkan efek iritasi pada saluran nafas yang menyebabkan sesak nafas dan batuk. Partikulat (PM10) jika terhirup sampai ke paru-paru paling dalam dapat menimbulkan bronchitis dan jantung. Oksida Nitrogen (NOx) yang menyebabkan meningkatkan infeksi saluran pernafasan. Demikian tadi zat-zat berbahaya yang terkandung dalam gas buang dan dampak yang ditimbulkan pada kesehatan.

Diharapkan dengan adanya uji emisi ini dapat memberikan wawasan mengenai bahaya zat pencemar yang terkandung pada emisi kendaraan sehingga kedepannya dapat mengurangi  pencemaran di lingkungan kota dan terminal purabaya khususnya.

One thought on “Dishub Kota Surabaya Gelar Operasi Uji Emisi di Terminal Purabaya

  1. dengan adanya Operasi Uji emisi ini saya harap TerminaL pUrabaya (dinas perhubungan kota surabaya) dapat meng-pensiun-kan Bus kota yang sudah tidak layak ber operasi. sudah saat nya Surabaya sebagai Kota metroprolitan ke 2 setelah Jakarta memiliki Bus kota yang Baik, ramah lingkungan dan, nyaman untuk penumpang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s