Dishub Surabaya Pasang Fasilitas CCTV di Terminal dan PKB

Dinas Perhubungan Kota Surabaya berencana memasang fasilitas Closed Circuit Television (CCTV) untuk UPTD Terminal Purabaya, UPTD Terminal Tambak Oso Wilangun serta UPTD PKB Tandes dan UPTD PKB Wiyung. Di masing-masing lokasi tersebut, akan dipasang 5 buah kamera CCTV.
Menurut Kabid Sarana dan Prasarana Dishub Surabaya Ir.Irvan Wahyudrajad, M.M.T,  pemasangan fasilitas CCTV di terminal dan PKB (Pengujian Kendaraan Bermotor) merupakan salah satu bentuk peningkatan layanan publik terhadap masyarakat pengguna jasa transportasi.  Dengan pemasangan CCTV di terminal diharapkan kenyamanan dan keamanan masyarakat pengguna jasa transportasi publik lebih terjamin. Sebab kita ketahui bersama, saat ini tindak kriminal yang terjadi di kawasan terminal sudah sampai pada tingkat yang meresahkan masyarakat. Sehingga diperlukan langkah-langkah penanggulangan tindak kriminal seperti pemasangan CCTV ini. Selain itu dengan pemasangan CCTV pengaturan dan penertiban lalu lintas didalam terminal dapat dilakukan dengan lebih mudah. Diharapkan dengan program ini citra terhadap terminal dapat menjadi lebih baik. Pemasangan fasilitas CCTV di terminal ini sebenarnya bukan hal baru bagi Dishub Surabaya. Sebab sebelumnya fasilitas CCTV sudah dipasang di Terminal Purabaya, jumlahnyaa sebanyak 10 buah. Pemasangan fasilitas ini terbukti sangat efektif untuk membantu operasional terminal. Namun demikian masih di perlukan penambahan di beberapa titik yang di rawan di terminal ini. Sedangkan di Terminal TOW belum ada fasilitas CCTV yang dipasang disana.
Pemasangan fasilitas CCTV di UPTD PKB (Pengujian Kendaraan Bermotor) Tandes dan UPTD PKB Wiyung lebih ditekankan kepada fungsi pengawasan dalam proses uji kir kendaraan bermotor.  Melalui pemasangan CCTV diharapkan proses uji kir dapat dipantau dengan baik, sehingga jika terjadi ketidaksesuaian prosedur dalam proses pengujian tersebut akan segera dapat dimonitor. Untuk selanjutnya dilakukan tindakan-tindakan yang dianggap perlu untuk membenahi hal tersebut. Pemasangan fasilitas CCTV ini juga merupakan sebuah bentuk pertanggungjawaban publik terhadap proses uji kir yang berlangsung di UPTD-UPTD PKB yang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s